Memahami Amanat Cerita Rakyat Sangkuriang

Standar
Dalam negri negara yang tinggi mengantongi ribuan suku, adat budaya yang beragam, salah satunya merupakan cerita yang sedang berkembang di lingkungan masyarakat suatu lokasi. Yang merupakan contoh salah satu cerita rakyat yang sangat terkenal pada negeri ini ialah cerita rakyat Sangkuriang. Saka yang berasal untuk tatar Sunda di sini. menceritakan kisah teknik mulanya mula terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu dan beberapa gunung yang mengelilingi Kota Bandung sekarang. Amanat cerita warga negara sangkuriang dapat masyarakat ambil pelajaran bagi dapat kami tiru dari pihak positifnya, lalu sebaliknya, yang merupakan bahan koreksi teruntuk kita dari sisi negatifnya.
Alkisah, dalam zaman terlebih dulu kala ada adalah raja tatar Sunda yang mempunyai seorang putri yang benar-benar cantik bernama Dayang Sumbi. Disebabkan kecantikan dan kecerdasannya, existencia menjadi omongan di dalam kalangan para raja kemudian Pangeran. Tak sedikit raja kemudian pangeran yang online dating menemui raja Sungging Perbakala tuk mempersunting Dayang Sumbi. Malah, ada raja yang rela berperang tuk memperebutkan Dayang Sumbi.
Cerita Rakyat resah mengetahui semua ini. Lagi jua ia belum berharap menikah dengan siapa pun. Rato memilih untuk pergi ke tempat kosong untuk menenangkan kita. Raja juga membuatkan pondok kecil pada tepi hutan. Dayang Sumbi menghuni di sana in temani dari seekor anjing jantan bernama Tumang. Hari-hari Dayang Sumbi dihabiskan buat menenun.
Menenun yaitu kegiatan yang amat di inginkan Dayang Sumbi. Di dalam satu hari, salah satu pri tenunnya jatuh dan menggelinding pergi dari pondok. Dayang Sumbi sedang malas buat mengambilnya, di juga berkata, siapa saja yang ingin mengambilkan pri tenunnya untuknya, mengenai diberikan imbalan. Bila existencia perempuan, akan dijadikannya saudara. Jika rato laki-laki dia maka akan menjadikannya suami Dayang Sumbi. Dayang Sumbi jua menanti. Lalu datanglah si Tumang, anjing jantan yang taat. Tumang membawakan oru?e tenun Dayang Sumbi yang terjatuh tadi. Karena suah berjanji, Dayang sumbi jua menikah dengan cuando Tumang. Mereka dikaruniai seorang anak yang dalam beri identitas Sangkuriang.
Sangkuriang semakin menjadi bocah laki-laki dalam tangguh. Sangkuriang \ pernah tahu jika Tumang yaitu ayahnya. Sewaktu mereka sedang berburu di dalam hutan kemudian Tumang buat kesal Sangkuriang, Sangkuriang tega membunuh Tumang, menimba hatinya, setelah itu membawakannya pada ibunya. Dayang Sumbi terkejut mengetahui Sangkuriang pulang sendirian. Rato menanyakan di mana Tumang ada. Tanpa aigara bersalah, Sangkuriang berkata bahwa Tumang suah mati di dalam bunuhnya. Dayang Sumbi marah gede. Sangkuriang dipukul kepalanya, lalu di usirnya dalam pondok lokasi tinggalnya.
Sangkuriang naik berkelana dan mendapatkan ilmu. Entah sudah berapa kali dia berkelana yang barat ke timur, lalu yang timur ke barat. Hingga dia juga tiba kembali in pondok Dayang Sumbi yang sudah \ dikenalinya. Sangkuriang mengetuk pintu, setelah itu mendapatinya adalah perempuan cantik tinggal di rica. Dayang Sumbi yg awet muda juga terpesona menengok ketampanan Sangkuriang yg telah dewasa, Mereka persis sekali \ saling mengenali. Merekapun saling jatuh filme.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s