Membetulkan Lantai Kayu Parket yang rusak

Standar

Satu tipe lantai yg punya penampakan amat indah serta natural dan juga dikagumi orang-orang yaitu parket kayu. Untuk yg suka dengan suasana natural, lantai tipe ini sangat pantas digunakan. Namun dibalik penampilan yang menawan, lantai jenis ini memerlukan pemeliharaan yang cukup sulit bila dibandingkan dengan tipe lantai lain misalnya lantai granit. Terutama bila terjadi kerapuhan.

Kerapuhan yg terjadi biasanya akibat adanya cairan yg meresap, benda runcing yg menciptakan goresan maupun gesekan, terjadi pergeseran permukaan tanah, ataupun peralihan suhu yg memicu plester pada dasaran mengkerut ataupun mengembang. Mungkin pula kerapuhan itu terjadi akibat ada ketidaksempurnaan dahulu dalam pemasangannya.

Walau penyebab lantaikayuselgrid.com rusaknya berbeda-beda tetapi yang jelasmembenahi lantai parket yang lapuk tak harus membaharui total lantai parket, akan tetapi hanya pada bagian yg rusak saja. Tekniknya ada 3 macam yaitu dengan memanfaatkan paku dan juga bahan perekat, sistem lidah mulut atau model klik.

Model yang memakai paku dan bahan perekat dapat dipasang dengan cara mengoleskan bahan perekat yang selanjutnya diikat pakai paku. Sementara model klik atau mulut lidah menggunakan sistem kuncian. Model kuncian ini biasanya dipakai pada lantai kayu parket yg sumber lecetnya diakibatkan oleh pemuaian atau penyusutan.

Jikalau memanfaatkan model klik ataupun mulut lidah, yg wajib dikerjakan pertama yaitu mencopot bagian yg sudah lecet lebih dulu. Metodenya dengan memanfaatkan mesin bor melubangi sekitar bagian lantai yg telah rusak. Kemudian bagian lantai yang rapuh itu dapat diambil dengan alat palu dan catut. Saat menerapkan tips ini penting untuk pelan-pelan sehingga lantai yg lain yang ada di sekitarnya tak ikut copot sehingga menjadi ikut rusak.

Selanjutnya bila setiap parket rusak telah dicopot, bersihkan bahan perekat yg masih tersisa pada bag bawahnya. Supaya bisa dikerjakan dengan cepat, pakailah soket atau kerok dari besi. Jika sudah bersih dan sama sekali tidak ada sedikitpun lem yg menempel, kerjaan selanjutnya yaitu mengganti dengan lantai kayu yg baru.

Sebisa mungkin biar untuk membaharui lantai yg lecet dijadikan dari model kayu yang persis serta memiliki bentuk dan ukuran dimensi yg sama. Akan tetapi apabila tidak dapat ditemukan lagi, mungkin tidak ada lagi yang jual, minimal harus memiliki penampilan yang mirip, terutama sekali pada seratnya serta warna. Sebab dari serat dan juga warnanya inilah parket kayu dapat kelihatan sepadan.

Sesudah membeli parket yg baru, tidak boleh seketika itu digunakan ataupun dipasang. Biarkan dahulu sekitar 1-2 hari. Alasannya ialah buat kita tahu apakah lantai kayu parket itu mengalami pemuaian atau justru susut. Jadi, wajib disesuaikan lebih dulu di suhu dan juga kelembapan yg terdapat pada tempat tersebut. Biar saat diterapkan tidak bakal menimbulkan kesulitan lagi.

Sebelum kayu parket dipasangkan, lebih dulu sapukan bahan perekat di dasaran lantai. Meskipun sudah merata olesan lem tersebut, tetapi jangan sampai tergesa-gesa meletakkan kayu parket. Nantikanlah sebentar sampai lem itu sedikit mengering dan juga mengeras. Bila belum kering kekuatan tempelnya bahan perekat tidak begitu baik.

Sekaranglah waktunya memasang parket kayunya, yg mula-mula penting dikerjakan yaitu memasukkan bag lidahnya di mulut pengunci yang berada di sisinya. Jikalau masih ada kelebihan yg menggantung dan juga tidak bisa dimasukkan, palu pakai palu kayu secara perlahan-lahan agar semuanya bisa masuk serta terkunci dalam tatanan parket kayu. Palu yg dipakai jangan palu besi, lantaran dapat melecetkan parket kayu. Kayu parket bisa pecah kena hantam besi.

Kerjaan yang paling akhir hanya tinggal mengerjakan proses finishing aja.

referensi :
lantaikayuselgrid.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Parket

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s